Jumat, 02 Oktober 2015

JQuery adalah library yang bisa menyulap tampilan look dan feel dari halaman web biasa, menjadi ala aplikasi mobile dan cocok untuk Android. JQuery mobile berisi banyak library javascript yang sebagian juga mengambil dari jquery. JQuery mobile bisa menyulap aplikasi standar web menjadi aplikasi ala mobile device.
JQuery Mobile adalah sebuah library pengembangan aplikasi mobile berbasis web yang dikembangkan oleh Jquery, tapi spesifik untuk perangkat mobile.  Sehingga sebuah tampilan HTML akan memiliki sense mobile.
Dengan mengunakan JQuery mobile tampilan HTML bisa terlihat mobile banget ketika dilihat browser pada sistem Android, Blackberry, Mozila, WebOS, iOS (iPhone, iPod Touch dan iPad), serta opera mobile.
jquery-mobile-logo

Sejarah JQuery Mobile

Query Mobile adalah pengembangan JQuery yang ditujukan untuk mobile device. Project ini mulai independentsejak tanggal 11 Agustus 2010. Jadi Jquery mobile ini adalah implementasi mobile untuk jquery. Jquery menggunakan bahasa javascript dan css untuk membuat look and feel yang mirip dengan aplikasi mobile, seperti tombol-tombol, link, dan lain sebagainya.
Dasar mengapa jquery mobile hadir karena jquery biasa memiliki keterbatasan dan fitur yang tidak cocok untuk perangkat mobile. Di samping itu diperlukan adanya library khusus untuk pemrograman mobile device karena pernagkat mobile sendiri memiliki trend kedepan yang cukup menjanjikan.
Jquery mobile diusahakan agar dapat terus kompatibel dengan semua merek perangkat mobile, terutama merek-merek yang populer seperti Android, Blackberry, dan Iphone.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar